Deskripsi
Kurikulum
Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Cambridge International Examination (CIE) Secondary One yang terdiri atas Mathematics, Science, dan English. Semua materi diajarkan dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.
Selain kurikulum Cambridge, dalam kelas ini juga tetap diajarkan Kurikulum Nasional (Kurnas). Materi matematika dan sains tetap terintegrasi dengan kurikulum Cambridge.
Terdapat dua tipe dalam pembelajaran bahasa Inggris, yaitu English For Literature (EFL) dan English Proficiency Program (EPP). English for Literature (EFL) merupakan bahasa Ingris yang dikembangkan oleh CIE yang fokus pada Pengajaran Sastra (fiction) dan Genre Text. Sedangkan EPP berfokus pada kemampuan komunikasi peserta didik yang mengacu pada standar Internasional (CEFR- Common European Framework). Program EPP ini bekerjasama dengan ACT Education Solutions. Dalam kelas EPP, peserta didik Cambrigde diharapkan mampu menyelesaikan program tersebut sampai level 2B (Up Intermediate). Peserta didik mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan ujian kenaikan level.
Setiap tahun peserta didik akan mengikuti IPT (International Progression Test) dan pada akhir tahun akan dilaksanakan Checkpoint yang diadakan oleh Cambridge International Examination (CIE).
Selain kurikulum Cambridge, dalam kelas ini juga tetap diajarkan Kurikulum Nasional (Kurnas). Materi matematika dan sains tetap terintegrasi dengan kurikulum Cambridge.
Terdapat dua tipe dalam pembelajaran bahasa Inggris, yaitu English For Literature (EFL) dan English Proficiency Program (EPP). English for Literature (EFL) merupakan bahasa Ingris yang dikembangkan oleh CIE yang fokus pada Pengajaran Sastra (fiction) dan Genre Text. Sedangkan EPP berfokus pada kemampuan komunikasi peserta didik yang mengacu pada standar Internasional (CEFR- Common European Framework). Program EPP ini bekerjasama dengan ACT Education Solutions. Dalam kelas EPP, peserta didik Cambrigde diharapkan mampu menyelesaikan program tersebut sampai level 2B (Up Intermediate). Peserta didik mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan ujian kenaikan level.
Setiap tahun peserta didik akan mengikuti IPT (International Progression Test) dan pada akhir tahun akan dilaksanakan Checkpoint yang diadakan oleh Cambridge International Examination (CIE).
Pengajar/ Guru
Tenaga pengajar untuk mata pelajaran Mathematisc, Science, dan English harus lulus sertifikasi yang diadakan Cambridge International, yaitu berupa TKT dan CLIL. Tenaga pengajar selain mata pelajaran tersebut juga bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris.
Penataan kelas
Sebagai kelas yang menggunakan kurikulum international, penataan kelas juga diperhatikan seperti terdapat loker, bentuk kelas multimedia, dan beberapa ornamen khas luar negeri. Jumlah peserta didik di Kelas ini tidak lebih dari 25 peserta didik. Selain itu, dilengkapi dengan buku cerita yang bertujuan menambah kosakata bahasa Inggris serta mempertajam kemampuan sastra peserta didik. Ditambah beberapa buku penunjang terbitan Cambridge University Press, Oxford, Colin, dan Hodder.
Program Intensif
A.Tahfid Al-Quran Program ini bertujuan untuk mencetak hafidz/hafidzah yang fasih dalam membaca Alquran. Target program ini adalah peserta didik dapat menghafal ayat suci Alqur’an minimal 15 Juz dalam jangka waktu tiga tahun.
B. Bahasa Arab Program ini bertujuan untuk mencetak peserta didik yang mahir di bidang bahasa Arab. Target dari program ini adalah peserta didik dapat mencapai skor TOAFL minimal 450. Peserta didik mampu berkomunikasi dalam bahasa Arab. Program ini juga digunakan sebagai pembekalan studi lanjut ke Timur Tengah.
C. Kajian Kitab Kuning Program ini bertujuan mencetak generasi yang ahli dalam membaca literatur Arab. Pembelajaran sudah dimodifikasi menggunakan metode-metode tertentu untuk mempermudah peserta didik dalam ilmu alat-nya, sehingga peserta didik dapat membaca dan memahami literatur Arab dengan benar.
B. Bahasa Arab Program ini bertujuan untuk mencetak peserta didik yang mahir di bidang bahasa Arab. Target dari program ini adalah peserta didik dapat mencapai skor TOAFL minimal 450. Peserta didik mampu berkomunikasi dalam bahasa Arab. Program ini juga digunakan sebagai pembekalan studi lanjut ke Timur Tengah.
C. Kajian Kitab Kuning Program ini bertujuan mencetak generasi yang ahli dalam membaca literatur Arab. Pembelajaran sudah dimodifikasi menggunakan metode-metode tertentu untuk mempermudah peserta didik dalam ilmu alat-nya, sehingga peserta didik dapat membaca dan memahami literatur Arab dengan benar.